Di Perkirakan Tahun ini gaji naik 7 - 11 % bro


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi yang positif dengan prediksi tingkat inflasi sebesar 3 persen dan nilai tukar rupiah yang stabil, merupakan indikasi positif bagi kenaikan gaji di Indonesia. 
Kelly Services Indonesia, yang merupakan perusahaan jasa dalam bidang ketenagakerjaan, memprediksi kenaikan gaji antara 7-11 persen di seluruh industri di Indonesia. 
Faktor gaji memang menjadi salah satu faktor kunci dalam ketenagakerjaan bahkan bagi pertumbuhan industri suatu negara. "Isu lain yang kita kuatirkan adalah eskalasi gaji, kompensasi, tanpa kemampuan bersaing dalam peningkatan produktivitas," jelas Vice President Asia Pacific Kelly Services Dhirendra Shantilal, di Jakarta, Selasa ( 19/4/2011 ).
Dhirendra menekankan bahwa gaji akan cenderung naik, bahkan tumbuh cepat. Namun, kenaikan gaji harus diikuti dengan kenaikan produktivitas.
Faktor gaji memang hal yang sensitif khususnya di sektor industri, karena banyak perusahaan yang mulai mencari tempat yang menawarkan produksi berbiaya rendah. "Perusahaan akan mulai mencari dimana tempat yang akan menawarkan biaya produksi yang rendah," jelasnya, sembari memberikan contoh di mana banyak perusahaan call-center telah berpindah dari India ke Filipina. 
Ia pun menyebutkan, Indonesia termasuk tempat di mana industri akan terus tumbuh, khususnya dengan faktor kuantitas tenaga kerja yang besar sebagai daya tarik bagi perusahaan asing, selain faktor biaya. "Saya pikir karena populasi penduduk Indonesia, (dan) karena sistem edukasi, ekonomi Indonesia akan terus tumbuh," jelasnya.
Namun, ia mengingatkan, stabilitas politik akan menjadi tantangan tersendiri bagi pertumbuhan ekonomi, yang perlu diperhatikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More